Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memulai Hidup Minimalis: Tips, Manfaat

Alhamdulillah, bulan Desember ini saya mendapat dukungan untuk memulai hidup minimalis. Jadinya saya semakin semangat untuk beres-beres rumah.


Memulai hidup minimalis bukan soal yang mudah. Apalagi untuk yang sudah berkeluarga. Minimal dapat persetujuan istri / suami. Sudah lama saya pengen nyingkirin barang-barang yang kurang bermanfaat dirumah. Namun tidak mudah karena tidak semua anggota punya pemahaman yang sama.

Nah, Desember 2023 ini sepertinya doa saya mulai terkabul. Justru, ajakan hidup minimalis datang dari istri. Masyaallah.

Meluruskan Mindset Hidup Minimalis

Sebelum memulai menjalani hidup minimalis. Pertama-tama kita harus betulkan dulu pemahanan dan mindset kita. Sehingga tidak salah jalan pas nanti menjalani.

Bagi saya, hidup minimalis bukan hidup yang serba terbatas. Bukan sama sekali. Justru hidup minimalis adalah hidup yang sesuai dengan kebutuhan. Totalitas pada bagian-bagian yang memang bagiannya. Serta membuang bagian-bagian yang tidak perlu.

Wow! Ini Amazing, bukan.

Misalnya, saat memakai baju kerja. Ya baju yang berkualitas, yang dikenakan. Istilahnya baju tempur untuk mencari rezeki menggunakan alat-alat terbaik.

Selain itu, dalam hal merawat barang seperti saat mencuci piring atau baju yang lumayan melelahkan. Karena memangkas stok piring, baju yang tidak perlu. Jadinya, saat menyuci ya cuma sedikit. Nggak capek. Ringan.

Itu kan fair dalam 2 kondisi. Meringankan sekaligus memaksimalkan.

Jadi, dua hal yang mendukung kesuksesan memulai hidup minimalis yaitu:

  1. Mendapat dukungan
  2. Meluruskan niat

Hidup Minimalis Adalah ..

Hidup minimalis adalah hidup yang sesuai dengan kebutuhan. Memaksimalkan hal-hal yang kita perlukan dan membuang hal-hal yang tidak kita butuhkan.

15 Manfaat Menjalani Hidup Minimalis

Pagi tadi, saya baca tulisannya pak Darmawan Aji. Mengenai manfaat ketika menjalani hidup minimalis. Coba, perhatikan daftar yang akan Anda alami ketika telah beralih dari menjalani kehidupan biasa kepada menjalani kebiasaan hidup minimalis.

  1. Lebih sedikit pengeluaran, sebab kita cuma akan ngeluarin uang buat barang yang bersifat esensial saja.
  2. Lebih sedikit stress. Sebab, ruang lebih rapi, bersih dan leluasa. Sehingga beban hidup berkurang.
  3. Ruangan mudah dibersihkan karena barangnya sedikit.
  4. Lebih banyak kebebasan, karena nggak banyak terikat oleh benda-benda
  5. Ramah lingkungan. Sedikit yang kita konsumsi, sedikit dampak buruk buat lingkungan.
  6. Panutan buat anak-anak. Dengan mengajarkan gaya hidup minimalis sejak dini.
  7. Barang-barang yang kita miliki, adalah barang yang berkualitas saja. Yang penting-penting saja.
  8. Waktu yang kita miliki, jadi bisa diarahkan untuk mengerjakan hal-hal yang lebih penting.
  9. Lebih bahagia karena tidak terlalu banyak ada rasa ingin memiliki. Lebih banyak syukurnya.
  10. Tidak mudah membandingkan diri kita dengan orang lain. Sebab, sudah punya prinsip tersendiri. Prinsip hidup minimalis.
  11. Menarik secara visual. Baik itu rumah, interior, penampilan diri, ruang kerja, hasil karya desain-pun ikut terpengaruh jadi lebih baik secara visual-nya.
  12. Memudahkan dalam mencari barang. Karena peletakan rapi, barang cuma sedikit.
  13. Menampakkan apa yang paling kita hargai. Hanya memajang barang-barang yang paling berkesan serta memiliki ikatan emosi dengan diri kita.
  14. Lebih banyak ide, kreatifitas & gagasan.Lebih produktif, pro-aktif.
  15. Memudahkan hidup kita.

Nah. Sepertinya ide ini menarik ya teman-teman. Banyak sekali manfaat yang akan kita dapatkan membaca sekilas keuntungan menjalani gaya hidup yang akan membuat lebih ringan.

Cuma, nggak gampang. Untuk memulainya butuh tekad serta komitmen. Apalagi, jika sudah berkeluarga. Harus menyamakan dulu visi antara suami dan si istri. Biasanya, istri-ini loh, yang barangnya buanyak !

Apa-apa dikoleksi. Barang yang lucu-lucu lah, barang yang manfaatnya gak begitu penting-lah. Senengnya nyimpen barang. Ehhhh ! #Peace!

Jadi, cobalah jalani pola hidup ini. Sebab, aslinya bagi muslim sudah-lah sejak lama dicontohkan oleh Baginda Rasulullah Muhammad. SAW setidaknya mengikuti keteladanan beliau dalam hidup.